Ini Dia Berbagai Kelebihan Dari Kaca Tempered

Kaca memiliki peran penting dalam sebuah bangunan, terutama untuk bangunan yang memiliki desain minimalis. Dengan penggunaan yang tepat, rumah atau bangunan komersil akan terlihat lebih modern dan futuristik dengan pencahayaan alami. Kaca seringkali digunakan untuk bahan membuat pintu, ralling tangga, kanopi, jendela, partisi sampai pintu shower kamar mandi. Dari sekian banyak jenis kaca yang bisa digunakan, kaca tempered bisa menjadi pilihan utama.

Kelebihan Kaca Tempered

Kaca jenis tempered adalah kaca yang telah diproses dengan pemanasan thermal. Kaca float akan dipanaskan pada suhu sekitar 700 derajat celsius sampai mencapai titik lunak. Setelah itu, kaca akan didinginkan dengan cepat dengan menyemprotkan udara pada kedua permukaan kaca. Dengan melalui proses ini, maka terjadi perubahan gaya tekan dan gaya tarik pada kaca walaupun tidak ada perubahan secara visual. Kaca ini memiliki kekuatan dan kelenturan yang lebih baik dari kaca biasa.

5 Kelebihan Kaca Tempered

Walaupun secara fisik tidak ada yang membedakan kaca ini dari kaca jenis lainnya, tetapi ada banyak kelebihan kaca jenis tempered. Penggunaan kaca jenis ini tidak hanya menambah keindahan bangunan tetapi juga dapat melindungi lebih maksimal. Berikut ini adalah beberapa kelebihannya:

1. Lebih Kuat

Kaca jenis tempered ini dipercaya empat sampai lima kali lebih kuat jika dibandingkan dengan kaca jenis lain dengan tebal yang sama. Minimal tekanan permukaan yang dimiliki kaca ini adalah 10.000 psi. Hal ini menjadikan kaca jenis ini layak digunakan sebagai material utama pembentuk struktur bangunan yang menitikberatkan pada kekuatan.

2. Lebih Aman

Kekuatan kaca ini memang tidak perlu diragukan. Tapi apakah kaca ini pasti tidak akan pecah? Tentu saja bisa. Akan tetapi kaca ini memiliki tingkat pengaman yang sangat tinggi. Saat pecah, pecahan kaca jenis tempered berbentuk kepingan seperti kerikil dengan bentuk yang tidak tajam. Bentuk pecahannya tidak seperti kaca jenis lain yang biasanya bersudut tajam. Dengan hal ini, tentu saja dapat mengurangi risiko cedera serius jika suatu saat kaca ini pecah.

3. Tahan Terhadap Perubahan Suhu

5 Kelebihan Kaca Tempered

Biasanya jika kaca regular terpapar suhu panas terlalu lama dapat membuatnya pecah. Kaca yang pecah secara tiba-tiba ini tentu sangat membahayakan orang yang berada di sekitar ruangan. Namun kaca jenis tempered lebih tahan terhadap perubahan suhu dibandingkan jenis kaca lain. Hal ini diakibatkan karena apabila terjadi pemanasan, bagian tepi kaca masih tetap dingin. Dengan itu, maka pemuaian kaca dapat berkurang. Oleh karena itu, kaca ini sangat cocok digunakan sebagai pintu shower kamar mandi karena kaca ini tidak akan pecah walau sering terkena aliran air panas.

4. Serba Guna

Karena memiliki keamanan yang tinggi, maka kaca ini dapat digunakan di berbagai area bangunan. Biasanya kaca ini digunakan untuk bahan pembuatan pintu masuk bangunan komersil, jendela rumah atau pintu shower kamar mandi. Akan tetapi, kaca ini bisa juga digunakan sebagai materi pembuat ornamen atau furnitur seperti meja, lemari, bahkan sampai tangga kaca.

5. Kualitas Terjamin

Kualitas kaca tempered memang tidak perlu diragukan. Setelah  melewati rangkaian proses khusus, kaca ini memiliki mutu yang lebih tinggi dibandingkan dengan kaca jenis lain. Tidak hanya lebih kuat, kualitas warna dan kejernihan kaca ini juga sangat tinggi. Dengan segala kelebihannya, kaca ini tidak memiliki perawatan khusus. Untuk perawatannya kurang lebih sama seperti merawat bahan kaca pada umumnya. Anda hanya membutuhkan lap kering, air dan sabun pembersih untuk menjaga kaca ini tetap bersih dan bebas debu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *